INFRASTRUKTUR & JARINGAN

Infrastruktur jaringan merupakan sebuah kumpulan sistem komputer yang saling berhubungan, dihubungkan oleh berbagai macam bagian dari sebuah arsitektur telekomunikasi. Secara khusus, infrastruktur ini mengacu pada organisasi dan berbagai bagian konfigurasi dari jaringan komputer individu sampai pada router, kabel, wireless access point, switch, backbone, network protocol, dan network access methodologies.

Infrastruktur Fisik

Suatu Infrastruktur Fisik, sesuai dengan namanya – fisik, maka akan banyak berhubungan dengan komponen fisik suatu jaringan (tentunya sesuai dengan design jaringan yang dibuat) seperti:

  1. Yang berhubungan dengan masalah perkabelan jaringan, yaitu kabel jaringan yang sesuai dengan topology jaringan yang dipakai. Misal jika dalam jaringan anda memakai backbone Gigabit Ethernet maka sudah seharusnya anda memakai kabel CAT5e yang bisa mendukung speed Gigabit.
  2. Semua piranti jaringan seperti :
  • Router yang memungkinkan komunikasi antar jaringan lokal yang berbeda segmen.
  • Switches, Bridges, yang memungkinkan hosts terhubung ke jaringan.
  • Server yang meliputi seperti Server Data File, Exchange Server, DHCP Server untuk layanan IP Address, DNS Server dan lain-2, dan juga hosts.
  • Infrastruktur fisik bisa termasuk didalamnya Technology Ethernet dan Standard Wireless 802.11a/b/g/n, jaringan telepon umum (PSTN), Asynchronous Transfer Mode (ATM), dan semua metoda komunikasi dan jaringan fisiknya.

Infrastruktur Logical

Infrastruktur Logical dari suatu jaringan komputer bisa merupakan komposisi dari banyak elemen-elemen software yang menghubungkan, mengatur, dan mengamankan hosts pada jaringan. Infrastruktur logical ini memungkinkan terjadinya komunikasi antar komputer melewati jaringan fisik yang sesuai dengan topology jaringan. Sebagai contoh dari infrastruktur logical ini adalah komponen-komponen seperti :

  1. Domain Name System (DNS), yang merupakan system untuk memberikan resolusi name dari permintaan resolusi name dari clients.
  2. Directory Services, yang merupakan layanan directory untuk meng- otentikasi dan otorisasi user untuk masuk dan menggunakan resources jaringan.
  3. Protocol-protocol jaringan seperti Protocol TCP/IP, protocol jaringan yang sangat popular dan paling banyak dipakai sebagai protocol jaringan dari berbagai platform jaringan baik berplatform Windows, Linux, Unix dan lainnya.
©2020 TUS NETWORK ALLRIGHTS RESERVED

Search